Wednesday, March 25, 2015

Informasi Tentang Penyakit Sinusitis

Penyakit Sinusitis :
Sinusitis berasal dari kata sinus yang berarti rongga dan itis yang berarti radang. Jadi, Sinusitis berarti adanya peradangan pada sinus yang terletak disamping kanan, kiri, bawah, dan atas rongga hidung. Sinus adalah rogga kosong dalam tulang tengkorak kepala kita pada daerah sekitar hidung ini berfungsi untuk mengalirkan lendir kerongga hidung.


Dalam keadaan normal aliran lendir. ada beberapa gangguan tertentu rongga-rongga ini bisa tersambat sehingga cairan tidak bisa keluar atau mengalit ke rongga hidung. Hal ini menyebabkan terkumpulnya lendir di rongga diantara dipipi dan di dahi.

Sinusitis bisa terjadi pada salah satu keempat sinus yang ada yaitu sinus maksilaris yang terletak di bagian samping kanan dan kiri hidung, sinus frontails yang terletak di dahi bagian depan antara kedua mata, sinus etnoidalis dan sfenoidalis terletak agak ke belakang, sinusitis ini bersifat akut maupun kronis yang berlangsung selama 3-8 minggu dan dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Penyebab Sinusitis :

Apabila infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas sering kambuh dan tidak segera diobati secara tuntas menyebabkan sinusitis akut. Didalam tubuh  terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit. Tetapi jika sistem pertahanan tidak menimbulkan penyakit. Tetapi jika sistem  pertahahn tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang baik dan menyusup kedalam sinus, sehingga terjadilah infeksi sinusitis akut.

Gejala Sinusitis :


  • Napas Berbau
  • Sakit Kepala
  • Hidung tersumbat
  • Postnasal Drip.
  • Batuk, biasanya akan memburuk saat malam
  • Rasa sakit atau adanya tekanan didaerah dahi, pipi, hidung & diantara mata.
  • Berkurangnya daya pengecap
  • Hidung terus meler dengan warna hijua pekat
  • Demam
  • Berkurangnya daya penciuman
  • Gejala memburuk ketika malam hari


  • Apabila infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas sering kambuh dan tidak segera diobati secara tuntas menyebabkan sinusitis akut. Didalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menumbulkan penyakit. Tetapi jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup kedalam sinus, sehingga terjadilah infeksi sinusitis akut. Kadang infeksi jamur juga bisa menyebabkan sinusitis sekresi lendir, misalnya fibrosisi kristik. Sedangkan penyebab sinusitis kronis adalah asma dan penyakit alergi.

    Pemeriksaan Sinusitis:

    Pemeriksaan fisik akan ditemukan adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi. Rhinoskopi adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke rongga hidung, diperlukan guna melihat lokasi sumabatan ostia. Terkadang diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk dilakukan pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna menetukan jenis infeksi yang terjadi.

    Pengobatan Sinusitis :

    • Sinusitis karena virus
    Untuk sinusitis yang disebabkan oleh karena virus tidak diperlukan antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri seperti parasetamol dan dekongestan.

    • Sinusitis Karena bakteri
    Curiga telah terjadi sinusitis infeksi oleh bakteri gejala nyeri  pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar-benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama.
    Pengobatan Sinusitis juga dapat di obati dengan pengobatan obat herbal alami, dapat mengatasi penyakit tersebut dengan cepat.

    1 comment:

    Unknown said...

    terimakasih banyak buat informasinya...

    http://acemaxsshop.com/obat-penyakit-sinusitis-herbal/