Monday, June 22, 2015

Tips Untuk Atasi Susah BAB Saat Waktu Puasa

Meski puasa merupakan salah satu terapi kesehatan namun bila salah melakukannya, beberapa penyakit bisa datang dan menganggu kenyamanan kita menjalankan ibadah puasa. Untum mempersiapakan puasa yang sehat, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah mengatur menu saat sahur dan berbukan, karena di saat itulah tubuh akan mendapatkan asupan untuk mencukupi kebutuhkan kalorinya. Walau terjadi perubahan jadwal makan, bukan berarti kebutuhan kalori juga harus berubah.

Susah BAB:

Susah Buang Air Besar sering dialami saat berpuasa. Sembelit bisa menyebabkan ambein, rasa nyeri disalurkan anal dan gangguan pencernaan yang membuat perut terasa kembung. kondisi ini normal saat kita berpuasa karena tubuh banyak menyaring makanan, kurang minum dan kurang konsumsi serat.

Keadaan ini akan semakin bertambah buruk jika pada saat waktu berbuka tiba, anda memakan semua makanan yang dihidangkan sampai habis tanpa sisa. Akibatnya, perut dipenuhi oleh makanan dan minuman yang melampaui kapasitas. Padahal, selama berpuasa tubuh sedang kekurangan cairan. Alhasil, sisa metabolisme dalam tubuh jadi menumpuk dan mengeras, disinilah awal mula terjadinya konstipasi.

Tanpa adanya pengaturan asupan makanan yang seimbang, seperti makanan berserat maka akan terjadi gangguan dalam sistem pencernaan, termasuk pada sistem pembuangan kotoran. Hal inilah yang membuat seseorang mengalami kesulitan buang air besar atau sembalit. Jika BAB tetap lancar  tapi kurang dari 3 kali dalam 1 minggu, itu juga harus diwaspadai. Apabila anda mengalami hal tersebut bisa jadi anda mengalami gejala sembelit, sebaiknya periksa ke dokter agar penyebabnya bisa segera diketahui.

Untuk itu cobalah makan buah buahan saat berbuka dan sahur untuk penetralisir sembelit.

Pir yang dimakan bersama kulinya dapat menjadi sumber serat dan vitamin c terbaik. Serat yang ada dalam buah pir kebanyakan adalah serat tidak larut yang secara efektif dapat mengatasi sembelit.

Pisang dapat menambah energi sekaligus mengatasi masalah BAB, konsumsilah pisang yang sudah matang. Pisang kaya protein dan serat. Namun, jangan memakan pisang yang masih mentah, karena bisa menyebabkan kesulitan BAB.

Mengkonsumsi langsung, jus apel juga dikenal mempunyai manfaat untuk meredakan sembelit. Sama seperti pisang, kehadiran senyawa pectin dalam jumlah tinggi mampu membantu pergerakan usus.

Memakan  Buah Paya dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau sembelit memperlancar feses/tinja, karena enzim pepaya sehingga menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu enzim pepaya bila digunakan untuk mengobati luka lambung, diare kronis, dan sembelit mampu membunuh parasit dalam tubuh dan mengurangi panas tubuh.

Kandunga bromelain dalam nana bekerja untuk menerralisir cairan dalam tubuh supaya tidak terlalu asam. Selain itu, juga mampu mengatur sekresi dalam pankreas untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Buah Kurma mengandung fruktosa, selulosa, dan serat pada buah kurma baik untuk pencernaan, dan mampu mengatasi konstipasi. Kurma juga merupakan makanan yang kaya serat, dan mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Selain itu serat bakerja sebagai pencahar masal sehingga membantu untuk melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Buah plum utuh dan jus plum tidak hanya sebagai sumber serat, kalium, dan vitamin A yang baik, tapi juga sumber penting dari sorbitol dan pabrik senyawa yang dipercaya dapat memberi efek pencahar. Anda dapat mengonsumsi plum dan kurma dengan cara mencapurkan potongan plum ke sereal dan oatmeal, mengadukanya ke dalam adonan pancake atau muffin, atau dimakan langsung sebagai snack. Coba tambahkan jus plum ke soomthie pisang untuk makan sahur bergizi.

Untuk mencegah hal ini cobalah saat berbuka dan sahur perbanyak makan-makanan tinggi serat. Misalnya dari biji-bijian dan buah buahan, banyak minum air putih dan jika ingin mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak pilihlah roti atau gandum yang mengandung bekatul.

Jangan ambaikan BAB itu karena bisa menyebabkan Wasir atau kanker usus. Bila hal itu terjadi segeralah untuk obati dengan obat herbal. Untuk infonya tinggal KLIK.

Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi anda yang membaca. Terima Kasih sudah berkunjung. Selamat Menunaikan ibadah puasa.

1 comments: