Monday, June 15, 2015

Ketahuilah Penyakit Herpes dan Herpes Genital

Penyakit herpes sendiri adalah penyakit yang meradang pada kulit dan biasanya akan muncul gelembung yang berisi air dan secara berkelompok. Herpes sendiri termasuk salah satu jenis penyakit yang menular yang dapat menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen.

Penyakit Herpes:

Penyakit herpes cepat sekali penularannya, yaitu melalui hubungan langsung antara bagian tubuh penderita yang terkena infeksi dengan selaput lendir, termasuk kulit yang terluka, pada bagian tubuh orang lain. Tentu saja penularan lainnya yang banyak terjadi adalah melalui hubungan seksual. Herpes dapat juga ditularkan selama masa kehamilan dan kelahiran. Mengingat resiko yang mungkin terjadi pada bayi dalam kandungan, para dokter selalu menganjurkan operasi caesar terhadapt pederita herpes.

Sebernarnya termasuk dalam penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Pada fase replikasi yaitu hari pertama sampai ketiga dapat diberikan antiviral seperti asiklovir 200-400 mg lima kali sehari dalam 5 hari. Fase replikasi juga dapat ditandai dengan munculnya lenting baru meskipun sudah lewat 72 jam pertama. Setelah fase replikasi selesai antiviral tidak efektif lagi.

Hampir lebih separuh populasi sudah pernah terpapar virus herpes. Namun tidak semuanya menimbulkan gejala herpes. Penurlaran virus ini sendiri adalah secara langsung melalui kontak lukanya langsung dan melalui cairan tubuh seperti air liur. Seperti virus lainnya virus herpes ini tidak dapat ditularkan melalui alat atau benda seperti sikat gigi. Masa inkubasi ini pada umumnya 5-7 hari namun dapat bervariasi dengan rentang 2-12 hari.

Penyebab Herpes:

Penyebab herpes karena stres, karena stres yang berkepanjangan juga bisa menjadi salah satu pemicu utama herpes akan tidak kunjung sembuh, keadaan fisik dan mental yang lemah akan memuat penderita herpes menjadi stres karena penyakitnya yang kian hari tidak kunjung sembuh. Stres yang timbul akan mempengaruhi proses penyembuhan herpes pada kulit.

Kedua penyebab herpes karena terkena angin dan sinar matahari secara langsung, pada penyebab herpes yang anda derita yang tidak kunjung sembuh yaitu karena anda terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung penderita herpes seharusnya tidak boleh untuk melakukan aktifitas di luar ruangan karena dapat memperparah penyakit yang sedang diderita. Selain itu terlalu sering terpapar sinar mata hari secara langsung dapat menyebabkan penyebaran penyakit herpes pada kulit akan semakin cepat tidak hanya pada kulit anda akan tetapi juga dapat menularkan pada orang lain.

Gejala Herpes:

semua penyakit herpes didahului dengan gejala awal selama 1-2 hari yaitu demam dan nyeri otot. Kemudian timbul lenting-lenting dengan ukuran 1-2mm, berwarna bening dan berisi cairan, berkelompok atau sendiri-sendiri. Lenting-lenting ini mudah sekali pecah terutama bila terjadi didalam mulut sehingga yang sering ditemukan adalah ulser atau sariawam yang banyak yang terasa sakit. Sedangkan lenting-lenting pada daerah bibir biasanya masih dapat ditemui.

Macam Macam gejala herpes:

  • Terlalu lama terpapar cahaya matahari secara langsung.
  • Sedang mengalami demam tinggi
  • Sedang mengalami stress fisik maupun emosi melakukan aktivitas seksual terhadap pasanganya
  • Sehabis melakukan proses operasi
  • Pada saat selagi sedang haid
  • Mengkonsumsi makanan atau obat-obatan yang tertentu. Pada saat herpes kambuh itulah virus herpesnya bangkit dari tidur, lalu bisa pindah menularkan kepada pasangan seksnya.
Pencegahan Penyakit Herpes :

Hal-hal yang harus dilakukan jika hejala diatas muncul adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Misalnya adalah tindakan yang paling pertama menjaga gelembung herpes agar tidak pecah. Dan jika gelembung itu pecah maka biasanya kulit akan lebih beresiko mengalami infeksi. Dan jika kulit yang mengalami infeksi, maka akan membuat kuman lainnya lebih mudah masuk ke dalam kulit yang mengalami infeksi tersebut. Cara yang paling baik adalah dengan menggunakan bedak gatal pada bagian tubuh yang terkena serangan virus herpes. Sebaiknya jangan mandi selama beberapa waktu, karena mandi akan menimbulkan masalah shock pada tubuh. Hal ini disebabkan karena air dingin yang langsung bersentuhan dengan kulit yang sedang mengalami infeksi

Cara mencegah penyakit herpes adalah dengan:

  • Menghindari aktivitas seksual dengan pasangan yang sudah positif menderita penyakit herpes.
  • Lebih baik saling terbuka dengan padangan anda. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya penyakit herpes. Namun yang lebih ideal adalah jika anda merasa cukup nyaman dalam melakukan kontak seksual dengan  pasangan anda, makan anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai kesehatan seksual anda.
Penyakit Herpes Genital:

Penyakit herpes genital merupakan penyakit herpes yang menyerang bagian genital. Biasanya penyakit ini sering dialami oleh wanita. Dan penularan penyakit herpes ini melalui hubungan seksual. Penyakit herpes genital merupakan salah satu penyakit infeksi yang terjadi pada genital dengan gejala herpes genital dalam bentuk vesikel yang berkumpulan atau berkelompok dengan eritem dasar yang sifatnya rekuren. Biasanya herpes genital ini terjadi pada bagian bokong, atau juga anal dan paha.

Pada penyakit herpes genital pada wanita, gejalanya tidak ditunjukkan dan biasanya masa inkubasi yang terjadi sekitar 3-4 hari, dan kemudian berulah pada bagian vital anda mengalami dan muncul gerombolan vesikel, diatas kulit dan kemerahan yang dirasa sangat nyeri, jika pecah makan akan menyebabkan bekas yang tertinggal. Penyebab dari penyakit herpes genital ini adalah karena fisik yang terlalu lelah dan stress mental, serta infeksi pada  sistemik yang lainnya.

Penyebab dari penyakit herpes genital yang lainnya adalah hubungan seksual yang dilakukan secara berlebihan pada banyak pasangan akan meningkatkan penyakit herpes genital ini menjadi lebih parah. Komplikasi akan terjadi juga pada wanita yang sedang hamil, dan penularan terjadi melalui arari si bayi saat melahirkan. Akibat dari penyakit herpes genital juga bisa menyebabkan keguguran terjadi, kematian yang terjadi pada janin, dan kecacatan. Kanker serviks salah satu bantuk komplikasi dari penyakit herpes genital ini.

HSV kemudian akan memasuki tubuh lewat selaput lendir atau juga lewat lubang kecil yang muncul pada kulit sebagai salah satu akibat yang terjadi pada kontak langsung misalnya adalah lewat:

  • Sentuhan
  • Ciuman
  • Aktivitas seksual yang dilakukan lewat vagina
  • Aktivitas seksual yang dilakukan lewat oral atau juga anal.
Selain itu, virus yang paling menular adalah saat terjadi kontak langsung dengan luka pada herpes. Penyebab herpes juga bisa ditularkan lewat air liur, dan juga lewat kontak kulit oleh orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit herpes.

Baca Juga Artikel Pengobatan : Andalan Keluarga Sehat Bersama QnC Jelly Gamat

1 comments: