Selasa, 30 Juni 2015

Kenali Bau Mulut Tidak Sedap

Bau Mulut - Secantik dan setampan apapun, orang akan kehilangan daya tarik jika memiki aroma napas yang tak sedap. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetes aroma bau mulut. Tekan jari yang bersih ke dalam mulut lalu usap air liur di belakang lidah. Diamkan beberapa saat lalu cium jari anda.

Bau Mulut :

bau mulut
Mungkin untuk sebagian orang kesehatan mulut selalu menjadi nomor yang kesekian, tapi tak banyak orang tahu jika mulut adalah organ yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Kesehatan mulut tak sekedar untuk mendapatkan gigi yang putih, bersih dan kuat, tetapi menjaga kesehatan mulut berarti juga ikut menjaga kesehatan seluruh badan, karena mulut adalah pintu masuk segala macam benda asing ke dalam badan.

Banyak orang yang tidak tahu, banyak penyakit berawal dari mulut, pada umumnya orang hanya tahu, penyakit mulut hanyalah pada gigi, padahal dari giglah sumber bersarangnya banyak penyakit. Penyebaran penyakit dari gigi ke organ tubuh lain disebabkan oleh infeksi kronis disuatu tempat yeng  memicu penyakit lain. Dan Bakteri sisa-sisa dari kotoran maupun mikroba penginfeksi bisa menyebar ke tempat lain di tubuh.

Sebetulnya, bakteri dari dalam mulut tidak akan bisa masuk ke dalam sistem aliran darah, asalkan kita bisa menjaga kesehatan gigi. Jika kita mempunyai sistem imun yang kuat, kehadiran bekteri dalam mulut tidak akan mendatangkan masalah. Tetapi bagi orang yang sistem imunnya lemah, bakteri dari mulut bisa menyebabkan penyakit ke anggota tubuh yang lain.

Penyebab Bau Mulut:

Beberapa penyebab bau mulut yang harus diketahui:

  • Bakteri
Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi diantara gigi dan permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk mereka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap.

  • Tonsil
Lubang dibagian dalam tonsil (amandel) disebut crypts merupakan salah satu biang keladi halitosis. Pada buatan buatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau tidak enak.

  • Makanan beraroma tajam dan kebiasaan buruk
Makanan seperti bawang putih, durian, atau ikan juga menyebabkan bau mulut, meskipun kita sudah menyikat gigi. Begitu juga dengan kebiasaan buruk seperti merokok, yang bisa menyebabkan napas beraroma tidak sedap.

  • Gangguan perut
Kadang kala gangguan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut, terutama bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak ditubuh menyebabkan bau.

  • Penyakit
Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas infeksi penyakit sinusitis kronis, penyakit diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.

  • Mulut Kering
Kurang minum air dan mulut yang kering merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah, ketika bangun tidur di pagi hari bau mulut kita kurang sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita sikat gigi dan minum air.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman menjadi penyebab bau mulut sedap adalah:

  • Bawang-Bawang
Jensi bawang merah dan bawah putih merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu bau mulut kurang sedap. Hal ini disebabkan bau dari senyawa belerang yang ada didalam bawang akan tertinggal dalam waktu lebih lama di dalam mulut dan bisa juga terserap ke dalam aliran darah yang menyebabkan bau kurang sedap saat sedang berbicara.

  • Kopi dan Alkohol
Jenis minuman seperti kopi dan alkohol juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memunculkan bau kurang sedap dan sebagai salah satu pemicu dari pertumbuhan bakteri. Selain itu juga minuman seperti ini akan membuat mulut menjadi lebih kering dan bisa mengurangi jumlah air liur di dalam mulut.


Cara Mengatasi Bau Mulut Dan Pencegahanya:

Cara yang paling baik dalam mengatasi masalah bau mulut adalah:

  • Menyikat gigi dengan cara yang benar dan dengan lebih optimal menggunakan pasta gigi yang mengandung flour. Melakukan penyikatan pada lidah serta anda bisa menggunakan alat bantu seperti benag gigi.
  • Menggunakan agen antibakteri untuk mulut yakni misalnya adalah seperti obat kumur namun sebaiknya jangan digunakan dengan berlebihan lebih dari 2 minggu.
  • Merangsang aliran air ludah dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti buah-buahan yang mengandung air dan mineral. Dibantu juga mencukupi kebutuhan nutrisi seperti sayuran, air mineral dan anda bisa menggunakan obat kumur yang terbuat dari bahan baking soda.
  • Kurangilah asupan makanan dan juga minuman yang manis diantara waktu makan utama. Untuk membantu mencegah sakit gigi berlubang dan juga mencegah bau mulut, maka anda harus mengurangi jenis-jenis makanan yang mengandung gula.
  • Melakukan pemeriksaan dan juga melakukan pemberishan pada karang gigi dari dokter gigi.
  • Memperbaiki tambalan gigi.
  • Kurangilah kebiasaan buruk anda seperti mengonsumsi alkohol dan juga merokok.
  • Untuk anda yang mempunyai masalah pada sinusitis maka lakukan pemeriksaan ke dokteri untuk mengatasi masalah ini terlebih dahulu.
Pencegahan Bau Mulut:

  1. Menggosok gigi dan menjaganya, terutama sebelum tidur.
  2. Menjaga gigi dari kerusakan atau pembusukan makanan.
  3. Menjaga gigi dari bekteri yang terdapat di dalamnya.
  4. Asupan makanan yang kaya serat, dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat mencegah halitosis. Untuk itu hindari makanan makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti permen, es kirm dan kue.
  5. Selalu gunakan obat kumur, namun jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. Karena alkohol akan membuat mulut anda sangat kering.
  6. Minum teh hijau atau teh hitam, teh hijau ataupun teh hitam mengandung polifenol yang membantu untuk mengurangi bakteri yang terdapat di mulut anda.

Sekian dari saya, saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya dan semoga bermanfaat untuk anda yang membanca dan menjadi wawasan pengetuhan.

2 komentar:

Enjoymaning mengatakan...

Mau tanya ni apa benar sakit magh bisa menyebabkan bau nafas, trimakasih..

Lin Yun Kyun 린윤균 mengatakan...

Tentu saja, maag juga bsa menjadi bau nafas karena gas asam lambung yang naik ke atas.!