Monday, April 13, 2015

Pahami Penyakit Kanker Lambung

Lambung terdiri dari tiga bagian yaitu bagian atas (kardiak) bagian tengah yang membulat (fundus) dab bagian bawah (pilorus). Kerdiak berdekatan dengan hati dan berhubungan dengan kerongkongan. Pilorus berhubungan langsung dengan usus 12 jari. Di bagian ujung kardiak dan pilorus terdapat klep atau sfingter yang mengatur masuk dan keluarnya makanan ke dan dari lambung.

Kanker Lambung:

Kanker lambung disebut juga dengan penyakit kanker perut. Kanker ini memang lebit berjangkit di daerah perut atau lambung. Penykit ini lebih banyak menjangkiti manusia usia lanjut yang telah menggunakan lambungnya sekian lama, sehingga tumor jinak yang semula berada dilambung sejak awal memang tidak banyak menumbulkan masalah. Namun kadang-kadang sebgian dari padanya tumor jinak tadi berkembang menjadi kanker. Kanker lambung ini termasuk jenis kanker yang paling banyak diidapi oleh manusia. Para peneliti menyimpulkan bahwa jenis kanker ini diperkirakan semakin banyak jumlah penderitanya, karena semakin bervariasinya jenis makanan yang dikonsumsi untuk memasuki lambung itu. Apalagi jenis makanan yang dilahap itu lebih banyak makanan olahan yang tidak dapat dipungkiri menggunakan zat-zat pengawet dan penyedap rasa yang sebernarnya amat membahayakan perut dan pencernaan manusia.

Dengan masuknya berbagai jenis makanan perangsang itu, infeksi pada lambung tidak dapat dihindari, yang kadang-kadang timbul pula inflamasi pada lapisan berbagai jenis kanker pencernaan lainnya. Kanker lambung sering bermula dari lapisan lambung yang meradang. Namun banyak ahli berpendapat bahwa peradangan itu akibat dari adanya kanker lambung, bukan sebagai penyebab kanker. Beberapa ahli malah mengatakan bahwa kanker lambung kemungkinan mengidap sejenis kanker yang tidak terdeteksi sebelum tukaknya terbentuk.

Kanker lambung biasanya terjadi pada individu yang berusia diatas 40 tahun dan kadang terjadi pula pada individu yang lebih muda. Kebanyakan kanker lambung terjadi pada kurvatura minor atau antrum dari lambung dan merupakan kanker adenokarsinoma. Indisen kanker lambung lebih banyak terjadi dijepang. Diet tampaknya menjadi faktor yang signifikan, misalnya banyak makan makanan yang diasap dan sedikit mengkonsumsi buah dan sayur.

Penyebab Kanker Lambung:

Kanker lambung sering bermula dari lapisan yang meradang. Namun banyak ahli berpendapat bahwa peradangan itu akibat dari adanya kanker lambung, bukan sebagai penyebab kanker. Beberapa ahli malah mengatakab bahwa kanker lambung disebabkan oleh ulkus gentrikum. Namun kebanyakan penderita ulkus dan kanker lambung kemungkinan mengindap sejenis kanker yang tidak terdeteksi sebelum tukaknya berbentuk.

Heicibacter pylori, nama sejenis kuman yang amat memegang peranan penting dalam ulkus duodenalis, juga bisa berperan dalam munculnya kanker lambung ini. Polip lambung suatu pertumbuhan dan menular yang tumbuh dalam rongga lambung. Diduga sebagai penyebab tumbuhnya kanker dalam tubuh manusia.

Karena itu polip ini selalu diangkat untk mengobatinya kanker mungkin saja terjadi bersama dengan jenis polip tertentu, yaitu polip yang lebih besar dari 1,8 cm atau polip yang jumlahnya lebih dari satu faktor makanan tertentu diperkirakan berperan dalam pertumbuhan kanker ini. Faktor-faktor ini antra lain:

  • Asupan garam yang tinggi
  • Asupan karbohidrat yang tinggi
  • Asupan bahan pengawet yang tinggi
  • Asupan sayuran hijau dan buah yang kurang cukup
Gejala Pada Kanker Lambung:

Jenis kanker lambung pada stadium awal gejala tidak begitu terasa malah sering kali dihiraukan. Bila gejala itu semakin meningkatkan baru bisa ditentukan lokasi tumbuhnya kanker itu. Sebagai contoh perasaan penuh atau tidak nyaman setelah makan bisa menunjukan adanya gejala kanker pada bagian lambung bawah. Penurunan berat badan atau suka lelah, disebabkan oleh kesulitan dalam atau ketidak mampuan menyerap beberapa vitaminn dan mineral.

Disampaing itu penderita juga kadang-kadang muntah darah yang banyak atau mengeluarkan tinja yang berwarna kehitaman. Bila kanker lambung bertambah besar, mungkin atau akan teraba adanya masa pada dinding perut pada stadium awal tumor lambung yang kecil bisa menyebar ke tempat yang lebih jauh. Penyebaran ini bisa saja menyebabkan pembesaran hati, sakit kuning pengumpulan asam dan perut dan nodul kulit yang bersifat ganas. Kadang-kadang penyebaran kanker juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang sehingga terjadi patah tulang.

Gejala kanker lambung biasa dikelirukan dengan tukak lambung. Bila gejala tidak hialng setelah penderita minum untuk ulkas atau bila gejalanya meliputi penurunan berat badan maka dicurigai sebagai gejala kanker lambung telah menghinggapi penderita. Hal ini juga diperkuat oleh hasil pemeriksaan rongtgent yang menggunakan laboraturium untuk menandai perbuahan di permuakan lambung yang kecil dan dalam stadium awal. Endoskopi biasanya merupakan prosedur diagnotik yang paling baik karena:

  • Memungkinkan melihat lambung secara langsung
  • Bisa pula mencari bakteri pylori, kuman yang berada dalam kanker lambung
  • Bisa pula mengamil contoh jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis.
Pencegahan Kanker Lambung:

Tindakan pencegahan hanya bermanfaat bila dilakukan sebelum terjadinya penyakit kaker lambung itu. Ditinjau dari segi pendekatan penyembuahan herbal, manfaat buah pisang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker lambung. Agar kita kita bisa membuat ramuan pisang, kita kumpulkan bahan-bahanya yaitu tubas atau anak batang pohon pisang dan sepotong pohonan benalu teh. cara membuatnya adalah anak pisang tadi diparut lalu diambil airnya sebanyak 4 gelas. Kemudian air itu direbus bersamaan benalu teh hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah matang, kita minum segelas dalam dua kali sehari dan sore hari.

Untuk Pengobatannya bisa kunjungi web site dibawah ini

"KLIK"

5 comments: