Tuesday, April 14, 2015

Penyakit Jantung Bocor serta Jantung Bocor Bawaan

Jantung bocor merupakan suatu kondisi dimana terdapat lubang jantung pada sekat jantung akibat Kelainan struktur jantung. Umumnya, jantung bocor adalah penyakit bawaan dari lahir yang banyak diderita bayi, namun tidak terdeteksi secara cepat. Jantung bocor diketahui ketika bayi berumur beberapa meinggu atau bulan dengan dutandai suatu gejala yang sederhana seperti kesulitan bernapas, naik turunya ronga dada pada bayi.

Jantung Bocor:
Proses terjadinya jantung bocor bisa terjadi sejak masa pembuahan pada wanita yang akan hamil. Proses pembentukan jantung janin terjadi pada masa awal pembuahan, bahkan sebelum si ibu sadar dirinya tengan hamil. Formasi jantung ini telah sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan. Namun, tidak demikian halnya pada bayi yang mengalami jantung bocor.

Penyebab penyakit jantung bocor tidak diketahui secara pasti, namun hal berikut berisiko bayi terkena penyakit jantung bocor bawaan karena ibu menderita hipertensi, terkena sinar rontgen, ataupun polusi zat kimia, menderita sakit campak, ibu merokok / terkena polusi asap rokok pada awal-awal kehamilan.

Adapun gejala lainnya dari jantung bocor:

  • Napas cepat dan sulit makan serta minum
  • Berat badan sulit untuk naik
  • Infeksi paru yang seringkali berulang
  • Sianosis (dimana bibir, kulit, dan kuku menjadi berwarna biru pucat)
  • Tidak dapat melakukan aktivitas / berolahraga dengan baik seperti pada umumnya.
Pada kasus jantung bocor, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menajdi biru. Bila terlalu banyak darah kotor beredar ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak, maka bisa terjadi sesak napas, disertai kejang, bahkan kematian.

Penanganan yang bisa dilakukan pada penyakit jantung bocor khususnya untuk bayi adalah setelah proses persalinan, maka biasanya orangtua dibantu dengan dokter atau juga dengan bidan dalam melakukan pemeriksaan pada keadaan bayi mereka. Disaat bayi beberapa menit setelah dilahirkan berwarna biru harus ada hal yang diperiksa lebih lanjut. Kemudian segera berikan oksigen murni didalam tekanan yang tinggi dan lihat kemudian apakah birunya menghilang atau tidak. Jika warna biru pada badanya hilang hal ini mungkin disebabkan bukan karena penyakit jantung bawaan atau penyakit jantung bocor. Mungkin adanya suatu masalah penyakit jantung bocor yang serius dan kritis. Ketika terdapat suatu bentuk kercurigaan yang harus anda lihat adalah apakah penyakit jantung bocor ini biru atau tidak.

Dan sementara untuk jenis penyakit jantung bocor tidak biru biasanya gejala yang muncul pada bayi adalah bayi akan mengalami suatu gangguan pada saat akan menyusu pada ibunya. Bayi yang mengalami penyakit jantung bocor biasanya saat menyusu akan sering berhenti karena masalah sesak nafas akibat gejala dari jantung bocor dan bayi tidak bisa dengan baik mengisap puting susu ibu karena masalah pada jantung mereka bahkan berat badan mereka juga terbilang tidak bagus dan gagal untuk tumbuh karena mengalami kurang gizi.

Jantung Bocor Bawaan:

Penyakit jantung bocor bawaan merupakan suatu kelainan yang ada di jantung yang dapat menyebabkan adanya lubang yang adanya dijantung, dan banyak pendertianya adalah anak-anak dan bayi. Dari beberapa penelitian dapat diperkirakan bahwa dari 1.000 kelahiran, maka akan terdapat 9 bayi yang akan menderita penyakit jantung bawaan yang dapat diperkirakan dalam masa depan jumlah penderitanya akan terus bertambah banyak.

Sebenarnya faktor terbesar dari penyebab jantung bocor adalah karena bawaan dari lahir dalam arti seorang penderita telah terjangkit jantung bocor pada saat dalam kandungan sang ibu. Penyebab terbanyak dari jantung bocor adalah timbul dari sang ibu yang memiliki kelainan pada penyakit ini.

Gejala penyakit jantung bawaan:

  • Hemoglobin tinggi sedangkan normalnya 14
  • Ujung-ujung kuku, lidah, dan bibir berwarna biru
  • Mudah tertular penyakit
  • Berat badan tidak naik-naik karena sering sakit
  • Bayi sulit menyusu dan rewel.
 Penyebab Jantung Bocor Bawaan:

Menurut penelitian penyakit jantung bawaan adalah mutasi genetik, faktor lingkungan, infeksi saat kehamilan, keracunan. Meskipun begitu banyak beberapa kelainan jantung bawaan yang tidak diketahui pasti.

 Jenis-Jenis Kelainan Jantung:

  • Sekat Bilik Jantung Berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD)
Kelainan jantung yang berupa lubang pada sekat antar bilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Gejala utama kelainan ini adalah kesulitan menyusui, gangguan pertumbuhan, Nafas pendek dan mudah lelah.

  • Penyempitan katup paru (Pulmonary Stenosis/PS)
Kelainan jantung yang merupakan penyempitan katup paru yang berfungsi untuk mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik kanan jantung ke paru paru.

  • Sekat Serambi Jantung berlubang (Atrial Septal Defect/ASD)
Kelainan Jatung yang merupakan lubang di antara dua serambi jantung.

Penyakit Jantung bocor sangat membawa potensi besar untuk mengalami kematian pada anak sembelum usia mereka genap mencapai 1 tahun, jika gejala tidak segera diketahui dan tidak melakukan tindakan yang tepat, maka nyawa menjadi taruhannya. Biasanya penyakit jantung bocor ini akan terjadi pada usia beberapa jam setelah bayi lahir, yang kemudian membutuhkan itervensi yang segera dalam bentuk pemberian obat-obatan atau juga melakukan tindakan intervensi yang tepat dalam pemasangan balon, pen atau juga melakukan operasi yang bisa membantu untuk menyelamatkan anak. Jika hal ini tidak dilakukan dengan baik, maka resikonya adalah kematian.

Kondisi buruk yang terjadi pada penyakit jantung bocor adalah sirkulasi yang sangat bergantung pada Ductus Artirosus dimana menutup dengan cara yang spontan pada proses kehamilan mereka. Dan sekedar informasi saja bahwa duktus arteriosis merupakan suatu pembuluh darah yang bisa membantu menghubungkan aorta atau pembuluh darteri yang besar menyagkit darah menuju ke seluruh tubuh dengan menggunakan arteri pulmonalis atau arterti yang bisa membawa darah menuju ke paru-paru, yang merupakan suatu bagian dari proses sikulasi darah yang terjadi pada janin yang normal.

Pengobatan:

Biaya pengobatan dari penyakit jantung bocor ini terbilang cukup mahal, karena dihitung dari biaya operasi yang memerlukan puluhan juta rupiah sampai mencapai ratusan juta rupiah. Semua tergantung dari jenis penyakit jantung bocornya. Dan yang membuat semakin kaget adalah untuk mereka yang mempunyai keterbatasan dalam hal ekonomi. Penyakit jantung bocor bisa teratasi dengan obat herbal alami dengan harga yang bisa disebut tidak mahal namun khasiat nya yang sanggat terpercaya bisa mengatasi dan menyembuhkan penyakit.

No comments: