Wednesday, April 8, 2015

Ketahui Informasi Batu Ginjal

Salah satu organ tubuh manusia yang penting adalah ginjal. Organ ini mempunyai fungsi untuk menyaring pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat-zat kimia tubuh seperti kalium dan sodium di dalam darah atau memproduksi urine. Fungsi dari ginjal ini bisa mengalami penurunan dan bahkan bisa tidak mampu bekerja sama  sekali atau yang biasa disebut penyakit gagak ginjal. Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal gagal berfungsi dengan fungsinya hanya 15% dari yang seharusnya.

Batu Ginjal:

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit paling sering ditemui dan dialami oleh banyak masyarakat indonesia yang umumnya dialami pria. Pada umumnya penyakit ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur, adanya faktor keturunan yang juga memiliki peranan penting karena jika terdapat keluarga yang memiliki penyakit ginjal, resiko diturunkan penyakit ginjal pada anak 6 kali lebih besar, kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia, bahan pengawet dan lingkungan suhu udara disekitar tempat tinggal dan tempat bekerja yang tidak mendukung aktivitas sehari-hari.

Penyakit batu ginjal memang banyak melanda orang Asia dan Afrika khususnya indonesia yang diliputi berbagai macam kultur, suhu udara yang cenderung sering kali berubah tidak menentu, pola hidup dan gaya hidup yang terkadang salah, dsb. Penyakit ginjal memang lebih dominan menyerang kaum pria dibanding wanita, hal ini terbukti dari survei yang diperkirakan bahwa pria yang berusia 70 tahun keatas memiliki resiko lebih besar terserang penyakit ginjal hingga 80% dibanding wanita.

Batu ginjal terbentuk disebabkan oleh adanya peningkatan pada bakteri dan saluran kandung kemih yang terinfeksi bakteri pemecah urea dan urine yang kemudian membentuk kemik. Jika tubuh kekurangan cairan atau kurang minum air putih, akan terjadi kepekatan urine yang semakin meningkat yang mempermudah pembentukan batu ginjal.

Proses Secara Jelas Pembentukan Batu Ginjal Pada Tubuh Manusia:

  • Batu oksalat atau kalsium oksalat
  1. Asam oksalat yang terbentuk didalam tubuh manusia berasal dari metabolisme asam amino dan asam askorbat yakni vitamin C. Asam askorbat merupakan penyumbang terbesar dari prekursor okalat hingga 30%
  2. Kalsium oksalat terbentuk hingga 50% yang dikeluarkan oksalat unrine. Manusia tidak mampu melakukan metabolisme oksalat, sehingga harus dikeluarkan melalui ginjal. Jika fungsi kerja organ ginjal mengandung asupan oksalat berlebih akan mengakibatkan peningkatan oksalat yang mendorong terbentuknya batu oksalat di ginjal / kandungan kemih

  • Batu struvit
Batu struvit tersusun dari magnesium ammonium fosfat dan kalisum karbonat. Batu struvit terbentuk di pelvis dan kalik ginjal apabila produksi ammonia meningkat dan pH urine semakkin tinggi, sehingga kelarutan fosfat berkurang. Hal tersebut terjadi akibat adanya infeksi bakteri pemecah urea yang banyak berasal dari spesies proteus dan providencia, peudomonas eratia, dan semua spesies klebsiella, hemophilus, staphylococus dan coryne bacterium pada saluran urine.

  • Batu urat
Batu urat umumnya terjadi pada penderita gout atau sejenis penyakit rematik, pengguna urikosurik misalnya probenesid atau aspirin dan penderita diare kronis karena kehilangan cairan dan peningkatan konsentrasi urine serta asidosis yakni pH urine menjadi asam sehingga terjadi penimbunan yang membentuk asam urat.
 
  • Batu sistina
sistin merupakan bagian dari asam amino yang memiliki teingkat kelarutan paling kecil.
Kelarutan semakin kecil apabila pH urine menurun atau menjadi asam. Bila kadar sistin ini tidak dapat larut dan kemudian mengendap serta membentuk kristal yang kemudian tumbuh didalam sel ginjal atau saluran kemih akan membentuk batu ginjal.
 
  • Batu kalium fosfat
Batu kalium fosfat umumnya terjadi pada penderita hiperkalsiurik yakni kadar kalsium dalam urine yang tinggi atau berlebihnya asupan kalsium di dalam tubuh yang berasal dari konsumsi susu dan keju.

Gejala Pada Batu Ginjal:

Gejala batu ginjal yang dapat dirasakan adalah rasa sakit buang air kecil, keinginan buang air kecil terus-menerus tetapi hanya sedikit-sedikit yang keluar, sering terjadi rasa nyeri di pinggang dan demam menggigil. Batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan adanya batu pada organ ginjal ureter. Gejala-gejala umum dari munculnya penyakit batu ginjal adalah sebagai berikut:

  • Buang air kecil yang semakin sering terjadi
  • Nyeri dibagian pinggang
  • terkadang disertai demam dan kejang
  • Air seni berwarna kuning keruh
  • Adanya riwayat batu ginjal yang sebelumnya di derita oleh salah satu anggota keluarga
Pencegahan Derita Batu Ginjal:

  • Istirahat yang cukup
  • Kendalikan stres
  • Minum air putih sekurang-kurangnya 2liter sehari
  • Kurangi makanan yang mengandung garam dan banyak minyak
  • Minum jus mengkudu, mentimun, cincau rambat, labu siam, seledri atau belimbing manis.
Tekanan darah tinggi juga memberi pengaruh yang cukup tinggi bagi timbulnya komplikasi pada penyakit lainnya termasuk batu ginjal. Beberapa obat penurun tekanan darah dapat mengakibatkan intensitas berkemih semakin tinggi namun keadaan ginjal yang diliputi oleh batu ginjal dengan gejala yang sama akan semakin memberatkan kerja ginjal untuk mengelurakan urine dari ginjal ke kandung kemih dan kemudian di buang.

Ciri-Ciri Batu Ginjal:

  • Mengalami kesulitan saat hendak buang air kecil
     
  • Rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba pada makam hari disaat terlelap tidur
     
  • Pada sebagian orang bila dirasakan penyakit penyakit ginjal yang dialami sudah cukup parah, terkadang buang air kecil mengeluarkan darah atau dalam kata lain air seni bercampur dengan darah.
     
  • Pembengkakan pada sekeliling mata. Jika penyakit ginjal menyerang usia dini timbul gejala bengakak pada tangan dan kaki.
     
  • Rasa sakit pada bagian punggung belakang bagian bawah dari tulang rusuk.
     
  • Memiliki tekanan darah tinggi
Untuk Pengobatan Pada Batu Ginjal bisa dengan mengkonsumsi obat herbal tradisional yang dapat mengatasi penyakit tersebut dengan cepat aman dan nyaman serta tanpa efek samping.

No comments: