Friday, April 10, 2015

Ketahuilah Tentang Penyakit Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi dimana kulit anda kehilangan melanin, pigmen yang menetukan warna kulit, rambut dan mata anda. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi malaninmati atau tidak lagi membentuk melanin, menyebabkan perlaha-lahan samkin besar bercak putih dari bentuk yang tidak teratur muncul dikulit anda.

Penyakit Vitiligo:

Vitiligo adalah jenis penyakit di mana kondisi kulit anda kehilangan melanin / pigmen yang menentukan warna kulit rambut dan mata anda. Kalau sel yang memproduksi melanin rusak atau tidak lagi dapat membentuk memproduksi melanin, maka perlahan-lahan akan meucul flek putih pada kulit. Kulit terdiri dari 3 lapisan, yaitu epidermis, dermis dan jaringan bawah kulit. Lapisan kulit paling luar adalah epidermis. Melanin menyediakan pewarna kulit dan membantunya melindugi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultra violet.

Manusia dari semua ras dilahirkan dengan jumlah sel pigmen yang kira-kira hampir sama banyaknya. Tingkat di mana buti melanin dihasilkan dalam sel maupun konsentrasinya dalam epidermis menentukan karakteristik dan faktor utama terjadinya perbedaan warna kulit. Kalau tidak ada melanin yang dihasilkan, maka bercak terkait jadi flek putih.

Biasanya vitiligo akan nampak awal didaerah yang kehilangan pigmen dan semakin hari semakin membesar. Flek pada kulit ini bisa mengakibatkan stress pada penampilan anda. tanda-tanda lain yang kadang muncul adalah:
  • Terjadinya pemutih pada rambut, Alis mata, Bulu atau kumis dan janggut.
  • Hilangnya warna pada jaringan kulit yang membatasi bagian dalam mulut anda.
  • Berubahnya warna lapisan dalam mata anda.
  • Walaupun semua bagian tubuh anda bisa terkena vitiligo, depigmentasi mula-mula muncul di daerah kulit terpapar sinar matahari, seperti misalnya tangan, kaki, wajah, dan bibir.
Vitiligo bisa muncul pada usia berapapun, namun pada umumnya muncul pada rentang usia 20-30 tahun. Flek putih dapat mulai muncul diwajah, di atas mata atau di leher, ketiak, siku, kelamin, tangan atau lutut. Biasanya tumbuh secara simetris dan dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh penyakit ini dapat diderita pria maupun wanita dari tak kenal dari ras manapun.

Orang yang mederita vitiligo pada umumnya tetap sehat dan mampunyai tekstur dan sensasi kulit yang normal. Namun pada umumnya muncul pada orang penderita penyakit autoimun tertentu - penyakit di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ dari jaringan tubuh anda sendiri- misanya penyakit addison, kekurangan vitamin B-12 (pernicuous anemia), atau gangguan tiroid yaitu hipertiroid maupun hipotiroid.

 Penyebab Vitiligo:

Melanin adalah pigmen yang memberikan warna kulit yang khas. Vitiligo disebabkan hilangnya pigmen pada kulit, akibat rusaknya sel-sel pembentukan pigmen yang dikenal sebagai melanosit. Penyebab pasti dari perusakan sel-sel tidak diketahui. Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel, seperti pada kondisi autoimun lainnya. Vitiligo dapat menjangkiti semua ras di dunia ini, akan terlihat lebih jelas pada orang yang berkulit gelap.

Faktor risiko untuk Derita Vitiligo:

Vitiligo didertia hingga 2% dari populasi dan diperkirakan dua sampai lima juta orang Amerika menderita penyakit ini. Kebanyakan kasus vitligo terjadi pada usia muda antara umur 10 dan 30 tahun. Sembilan puluh lima persen dari mereka yang terkena, penyakitnya akan menjadi lebih parah sebelum usia 40 tahun. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini, Vitiligo dapat terjadi dalam keluarga, mereka yang memiliki riwayat keluarga vitiligo atau berubah pada usia muda akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjangkit vitiligo. Faktor risiko lain yang memungkinkan seseorang terkena vitiligo termasuk yang memiliki penyakit autoimun, seperti penyakit tiroid autoimun.

Gejala Pada Derita Vitiligo:

Gejala vitiligo mengcakup sering hilangnya pimen dengan cepat pada beberapa daerah kulit. Pada awalnya bercak putih diikuti oleh periode yang stabil tanpa terlihat perkembangan perubahan kondisinya. Kemudian, siklus kehilangan pigmen lebih lanjut dan stabilitasnya dapat terlihat. Vitiligo umumnya menyerang daerah kulit yang terkena paparan sinar matahari, lipatan tubuh, tempat yang terluka sebelumnya, daerah disekitar tahi lalat atau daerah sekitar tubuh yang terbuka. Sangat jarang pigmen kembali pada bercak-bercak putih yang telah berkembang. Vitiligo juga dapat menyerang kelopak mata dan rambut.

Vitiligo juga terbagi ke dalam dua kategori, yaitu vitiligo menyeluruh yang menyerang kedua sisi tubuh dan vitiligo yang hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu atau salah satu sisi rubuh saja. Jenis yang paling umum adalah vitiligo meneluruh dengan jumlah pengidap yang diperkirakan sekitar 90%.

Diagnosis Vitiligo:

Diagnosis Penyakit ini umumnya melalui pemeriksaan fisik oleh dokter. Jika menduga anda mengidap vitiligo, dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan anda dan keluarga, serta durasi gejala vitiligo yang anda alami.

Untuk memastikan diagnosis, ada beberapa jenis pemeriksaan mendetail yang biasanya akan dianjurkan. Salah satunya adalah pemeriksaan kulit menggunakan lampu ultraviolet. Tes ini berfungsi menghapus kemungkinan adanya penyakit kulit lain, misalnya dermaitis.

Tes darah mungkin dianjurkan untuk memeriksa kemungkinan adanya kondisi autoimun lain, misalnya diabetes atau penyakit addison. Tes darah juga dapat digunakan untuk mengevaluasi fungsi kelenjar tiroid guna memeriksa kemungkinan adanya hipertiroidisme.

Untuk pengobatan Vitiligo bisa di obati dengan Obat Herbal Alami dapat melegalisir dan mengatasi penyakit kulit / vitiligo dengan cepat.

No comments: