Saturday, April 18, 2015

Istilah Informasi Penyakit Ambeien

Penyakit Ambeien adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah dibagian bawah poros usus, baik disebelah dalam maupun disebelah luar lubang dubur. Sepintas bentuknya mirip bisul yang berwarna merah kebiruan. Pembengkakan ini menyebabkan terhambatnya aliran darah ke perut.

Ambeien atau Wasir:

Penderita penyakit ambeien dikarang mengkonsumsi makanan pedas minum beralkohol dan menyantap makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak dapat menyebabkan bagian-bagian dinding usus mengendor. Sebaiknya mengurangi bekerja keras, bahkan jika memungkinkan hentikan sama sekali. Selain itu, dianjurkan banyak menyantap buah-buahan, sayuran segar dan olahraga ringan secara teratur, kegiatan tersebut akan membantu proses penyembuhan.

Jika anda melakukan pemeriksaan ke dokter, maka pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan colok dubur. Pemeriksaan ini dilakukan selain anamnesa dan juga pemeriksaan fisik. Dengan melakukan pemeriksaan cocok dubur maka akan teraba bagian yang mengalami pembesaran pada benjolan atau tonjolan didalam atau juga pada sekitar anus. Jika terdapat rasa nyeri yang hebat dan adanya suatu trombus atau bekuan darah perianak maka tidak dilakuakan tes pemeriksaan colok dubur ini.

Selain itu pemeriksaan yang dilakukan adalah anoskopi benjolan yang bisa terlihat dengan jelas atau juga dengan melakukan proktoskop yang bisa melihat terjadinya keseluruhan pada rektum atau anus dengan baik. Pada kasus yang lebih bahaya dan mencurigakan terdapat penyakit pada saluran cerna yang lain. Dan biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan sigmoidokopi atau juga kolonoskopi.

Penyakit Ambeien terjadi menjadi 4 staium untuk menenrukan tingat keparahan penyakit ambeien ini:

  • Stadium 1 : biasanya ambeien terjadi tidak menunjukkan gejala dan yang paling terasa adalah susah saat buang ait besar.
  • Stadium 2 : tonjolan atau benjolan yang keluar tidak terlalu keras. Dan gejala yang muncul saat buang air besar adalah tonjolan yang akan keluar, namun biasanya tonjolan ini akan masuk dengan sendirinya saat penderita berdiri.
  • Stadium 3 : pada penyakit ambeien stadium 3, maka tonjolan akan mengalami pembesaran. Gejala yang terjadi adalah setelah buang air besar, maka tonjolan atau benjolan ini keluar dan tidak akan masuk lagi. Untuk memasukkannya maka membutuhkan bantuan dorongan dari tangan.
  • Stadium 4 : biasanya wasir atau ambeien akan terus kelaur walaupun sudah didorong masuk ke dalam menggunakan tangan. Dan selain itu juga bentuk dari ambeien ini adalah bentuk yang lebih jelas membentuk lingkaran pada sekitar dubur.

Gejala Ambeien:

Gejala penyakit ambeien yang biasanya terjadi, sebagai berikut:

  • Susah saat buang air besar (BAB)
  • Merasa tidak nyaman pada anus saat sedang duduk
  • Rasa panas saat sedang duduk
  • Rasa gatal saat sesudah buang air besar
  • Dan rasa sakit saat buang air besar
  • Untuk kasus lebih lanjut biasanya akan ada darah yang menetes keluar
  • Benjolan atau tonjolan yang keluar
Penyakit ambeien yang sudah keluat biasanya tidak akan bisa masuk kembali dengan posisi yang seperti awal. Dan biasanya kejadian ini tidak akan diketahui oleh masyarakat awam. Untuk kasus wasir stadium 2 dan juga kasus wasir stadium 3 ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada penyakit ambeien yang keluar dengan posisi yang terjepit dan juga membengkak kemudian ditambah dengan rasa sakit dan tidak bisa masuk kembali. Keadaan ini sering disebut sebagai istilah ikarserasi. Dan kondisi ini biasanya terjadi  akbit dari makan makanan uang mengandung pedas atau juga panas misalnya adalah seperti durian, daging kambing, tape dan lain-lain. Selain itu penyebab lainnya selain makanan adalah akibat mengejan, minum-minuman yang mengandung alkohol, dan akibat perjalanan jauh yang mengharuskan seseorang duduk terlalu lama.

 Penyebab Ambeien:

Penyebab penyakit Ambeien merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh terlalu lama duduk atau sering mengejan dengan keras saat BAB. Ambeien diketahui dengan adanya tonjolan atau benjolan yang terasa pada bagian anus/dubur yang menonjol keluar, ukurannya pun berbeda. Jika ambeien luar dirasa berupa tonjolan yang keluar, ukurannya pun berbeda. Jika ambeien luar dirasa berupa tonjolan yang keluar melewati batas anus/dubur, sedangkan ambeien dalam dirasakan adanya benjolan dalam anus/dubur yang ingin keluar.

Ambeien seringkali membuat penderita merasa malu atau dianggap tidak penting maka kurang memperhatikan gangguan kesehatan ini. Secara anatomi ambeien bukanlah penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya.

Mencegah Ambeien:

  • Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung serat, misalnya adalah makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta gandum.
  • Minumlah air putih sebnayak 2 liter dalam sehari
  • Melakukan olahrasa teratur setiap harinya. Minimal dilakukan adalah 2-5 jam dalam seminggu. Atau anda bisa melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, namun sebaiknya hindari jenis olahraga yang bisa menyebabkan tekanan pada anus.
  • Memastikan buang air besar miinimal 1 kali dalam sehari. Sebaiknya jangan mengejan terlalu kuat dan terlalu keras karena akan membuat pembuluh darah pada vena mengalami pembengkakan.
  • Jauhi makanan yang pedas, makanan berlemak, dan jenis minuman yang mengandung alkohol untuk mencegah penyakit ambeien.
 Untuk pengobatan bisa kunjungi Website di bawah ini:

1 comment:

Kang Nurul Iman said...

Terima kasih artikelnya bermanfaat sekali semoga makin suksesss.