Thursday, April 9, 2015

Informasi Tentang Sakit Maag

Penyakit maag merupakan gangguan kesehatan terkait dengan proses pencernaan, tepatnya usus besar. Perut besar bisa mengalami kerusakan karena proses peremasan yang terjadi terus menerus selam hidup. Selain itu, perut besar bisa mengalami kerusakan jika sering kosong karena perut besar meremas hingga dinding-dinding perut besar lecet atau luka.

Maag Kronis:

Maag Kronis adalah penyakit maag yang intensitasnya lebih parah dari maag biasa. Sakit maag kronis atau syndrom dispepsia dapat menyebabkan penderitanya muntah darah, bahkan tak jarang mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan berat badan secara drastis. Pengobatan terhadap sakit maag kronis tidak bisa disembuhkan secara total.

Dan maag kronis juga bisa disebabkan akibat stress, bakteri helicobakter pylori akan menimbulkan gangguan dilambung dan usus 12 jari yang jika tidak diperhatiakan dengan baik. Kuman berkembang akibat mengkonsumsi makanan atau air yang kotor sehingga berujujung pada penyakit maag kronis, karena kuman ini hanya tinggal di lambung. Pada keadaan parah, penyakit maag kronis dapat mengakibatkan pendarahan pada lambung, bahkan jika maag kronis didiamkan tanpa pengobatan bisa mengakibatkan kanker lambung.

Bisa juga berupa luka di kerongkongan yang terasa panas terbakar, mulut pahit, dan sering bersendawa. Hal ini disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit serat. Pola makan yang tidak teratur ini bisa mengakibatkan adanta klep di kerongkongan, dan mengakibatkan rasa tidak nyaman jika asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyakit maag kronis biasanya akan kembali kambuh bila penderita tidak perduli dengan pola makan secara teratur. Sakit maag kronis rupanya akan menyebabkan beberapa penyakit lain mengikutinya. Obat maag yang dijualn dipasaran berguna untuk mengurangi asam lambung dan cenderung bersifat menetralkan. Bial obat tersebut secara terus-menerus dalam jangka panjang, maka akan mengakibatkan terganggunya kinerja ginjal.

Penyebab Maag Kronis:

Penyebab dari gejala penyakit maag kronis adalah alkohol, obat-obatan, infeksi bakteri atau juga virus, bahan korosif, dan juga keracunan. Sedangkan penyebab internalnya adalah karena sering makan makanan yang asam, pedas, yang termasuk lada, dan kebiasaan makan yang tidak teratur, serta kondisi dari psikologis stress mental dan juga frustasi. Penyebab-penyebab ini semuanya bisa menyebabkan masalah kerusakan pada ketahanan selaput lambung.

Gejala Maag Kronis:

Gejala penyakit maag kronis disebabkan karena zat internal dan juga eksternal. Zat eksternal adalah zat yang berasal dari luar tubuh yang bisa menyebabkan masalah korosif atau juga karena iritasi lambung. Sedangkan zat internalnya adalah karena pengeluaran dari zat asam lambungnya yang sifatnya berlebihan dan juga tidak teratur. Adapun suatu gejala lain yang bisa terjadi adalah karena masalah stress pada penderita yang sifatnya berkepanjangan yang bisa mengakibatkan suatu produksi asam lambung yang terjadi secara berlebihan. Beberapa gejala-gejala penderita Maag kronis sebagai berikut:

  • Sering keluar angin dari perut lewat dubur
  • sering keluar keringat dingin
  • Setelah makan, masih terasa lapar
  • Susah tidur
  • Selera makan hilang

Jenis Maag

Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni

  • Gastritis Akut
Penyakit maag akut adalah inflamasi akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya

  • Gastritis Kronis
lambung penderita penyakit kronis mungkin mengalami inflamasi kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe spesifik yaitu gastritis kronis.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi 4:

  • maag ringan
maag ringan masih tergolong tahap ringan biasanya setiap orang sudah berada ditahap ini jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding
  • Maag sedang
maag kronis tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan
  • Maag Kronis
Maag kronis adalah maag yang sudak parah intesitasnya di bandingkan maag biasa
  • Kanker lambung
Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu helycobacter pylori.

Pencegahan Maag:

  • Makan teratur, dan menyadari bahwa makan sebaiknya bukan hanya karena lapar, melainkan sudah waktunya makan.
  • Hindari makanan yang sifatntya merangsang
  • Menyadari bahwa makan akan menghasilkan energi dan daya tahan tubuh
  • Hindari minum es
  • Hindari makan makanan instan (Mie instan).
  • Olahraga teratur, supaya ada rangsangan lapar dan haus.
Untuk Pengobatan Maag Kronis Bisa diatasi dengan mengkonsumsi Obat Herbal Alami supaya cepat dalam mengatasi penyakit maag kronis.

No comments: