Rabu, 10 Juni 2015

Penyakit Kista Ganglion Beserta Penyebab dan Gejala

Kista ganglion merupakan nodul yang paling lazim ditemukan di tangan. Lokasi khas di aspek dorsal pergelangan tangan, aspek vola radial pergelangan tangan, aspek dorsal tangan dan aspek palmar jari-jari di dekat sendi MCP. Jika kistanya kecil, aspirasi ini kista dapat dilakukan dengan jarum ukuran 22 gauge dan penyuntikan steroid. Namun, mungkin diperlukan aspirasi beberapa kali untuk penyembuhan. Jika kista nyeri atau besar atau penyebabnya diragukan, harus diperkirakan rujukan kebagian ortopedi untuk diangkat secara bedah.

Penyakit Kista Ganglion:

Ganglion adalah daerah degenerasi mukoid dari struktur retinakular. Mereka merupakan massa kistik yang sering kali ditemukan di punggung tangan dan diatas pembungkus tendon dari tangan atau kaki. Kista ini mengandung cairan jernih yang mirip dengan cairan sendi. Aspirasi cairan ganglia dapat menimbulkan kekambuhan 75%. Eksisi bedah pada seluruh ganglion adalah terapi yang dianjurkan. Kadang-kadang diperlukan eksis sebagai kapsul sendi.

Benjolan tersebut membengkak dengan adanya aktivitas fisisk dan mengempes ketika tangan beristirahat. Walaupun sangat lunak dan agak nyeri, kista ganglion cenderung tidak terlalu sakit. Kabar baiknya adalah bahwa sekalipun tidak diobati, hampit sepertiga kista ini akan menghilang dengan sendirinya.

Benjolan ditangan juga bisa menjadi tanda gangguan asam urat atau artritis rematoid. Tetapi orang-orang dengan kondisi ini mungkin juga mengalami rasa sakit dan tanda-tanda lain.

Kista ganglion ini ukurannya sangat bervariasi. Pada umumnya muncul pada usia 20-60 tahun baik laki-laki maupun wanita. Namun, wanita 3 kali lebih banyak mengalami kista ganglion dibanting dengan pria.

Penyebab Kista Ganglion:

Penyebab timbulnya kista ganglion ini belum diketahui dengan pasti. Namun banyak orang yang mempercayai bahwa penggunaan sendi secara berlebihan bisa menjadi penyebab timbulnya kista ganglion, seperti pada atlet angkat berat, pramusaji, dan pemain musik. Kista ganglion yang terbentuk mengandung cairan yang sama dengan cairan pada sendi. Kista ini bukan merupakan kantung sinovial yang keluar dai kapsul sendi

Kista ganglion merupakan tonjolan atau benjolan pada jari-jari, pergelangan tangan, tangan, kaki, pergelangan kaki, lutut, bahu, tulang belakang, maupun pinggul sendi. Kista ganglion dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu.

Salah satu penyebabnya mungkin tendonitis, yakni peradangan pada selubung tendon. Kemungkinan lain keseleo, karpal tunnel sindrom, arthritis, kista ganglion, atau patah.

Kista ganglion dapat berupa kista tunggal ataupun berlobus. Biasanya memiliki dinding yang mulus, jernih dan berwarna putih. Isi kista merupakan musin yang jernih dan terdiri dari asam hialuronik, albumin, globulin dan glukosamin. Dinding kista terbuat dari serat kolagen. Kista dengan banyak lobus dapat saling berhubungan melalui jaringan duktus tidak terdapat nekrosis dinding atau selularitas epitel atau sinovial yang terjadi.

Kista ganglion bisa timbul pada tempat tempat berikut ini:

  • Pergelangan Tangan
Punggung tangan, pada telapak tangan atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tangan.

  • Telapak Tangan Pada Dasar Jari-jari
Kista ini berasal dari saluran yang mejag tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibatiritasi pada tedon-tendonitis.

  • Bagian Belakang Tepi Sendi Jari Terletak Disebelah Dasar Kuku.
kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan oleh arthritis.

Meskipun Kista ganglion umumnya asimtomatik, gejala yang muncul dapat berupa keterbatasan gerak, parestesia dan kelemahan. Kista ganglion umumnya soliter, dan jarang berdiameter di atas 2 cm.

Gejala Penyakit Kista Ganglion:

Kista ganglion merupakan benolan berisi cairan yang paling sering tumbuh dan berkembang di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau kaki. Kista ganglion adalah benjolan non kanker.

Pada umumnya, gejala kista ganglion adalah sebagai berikut:

  • Adanya benjolan yang membesar didekat pergelangan tangan atau sendi jari.
  • Bentuknya bukat, kenyal dan halus
  • Berisi cairan (non kanker)
  • Ukurannya tergantung pada tingkat aktivitas sendi, dapat membesar jika penderita sering menggerakkan sendi yang terkena kista dan akan mengecil kerika sendi banyak diistirahatkan.
  • Tidak terasa sakit, walaupun pada beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa.
Ada beberapa kasus kista ganglion yang tidak timbul benjolan, sehingga hanya dapat dilihat dan dideteksi dengan menggunakan MRI atau USG. Pada jenis ini, Kista ganglion disebut dengan hidden ganglion cysts (occult ganglions) yang pada umumnya menimbulkan rasa sakit.

Untuk Pengobatan bisa anda Kunjungi tinggal KLIK

0 komentar: