Saturday, May 23, 2015

Apa Dari Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan ini umumnya menyerang anak-anak usia 2-12 tahun. jika seseorang pernah menderita penyakit gondongan makan dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya. Vaksinasi gondongan merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak. vaksin gondongan biasanya terdapat dalam bentuk kombinasi dengan campak dan rubella,yaitu vaksin MMR yang disuntikkan melalui otot paha atau lengan atas.

Penyakit Gondongan:

Penyakit gondongan sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong ke dalam self limitting disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Hal yang harus dilakukan oleh penderita gondongan sendiri sebaiknya adalah menghindari jenis makanan atau juga minuman yang asam agar tidak membuat perih menjadi semakin parah, dan kemudian bisa diberikan diet makanan cair atau juga diet makanan lunak.

Penyakit gondongan bisa saja menimbulkan komplikasi. Namun untuk hampir semua anak yang mengalami penyakit gondongan biasanya akan kembalo pulih tanpa ada hambatan. Namun terkadang gejala bisa menjadi semakin memburuk setelah sekitar 2 minggu. Dan kondisi yang seperti ini bisa menimbulkan suatu bentuk komplikasi, dimana bahwa virus bisa saja menyerang ke bagian organ dan selain itu lewat kelenjar liur. Hal ini kemungkinan terjadi paling tidak jika infeksi yang terjadi adalah infeksi setelah maas pubertas.

Jika zaman dahulu, biasanya penderita penyakit gondongan diberikan blau, namun dalam dunia kedokteran hal ini sama sekali tidak ada hubungannya. Dan kemungkinan besar hanya membuat agar anak ini menjadi malu jika main keluar rumah, jadi tujuannya adalah untuk membuat anak beristrihat dirumah agar proses kesembuhan menjadi lebih cepat.

Penyebab Gondongan:

Penyebab penyakit gondongan atau mumps atau parotitis merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh penyebaran infeksi virus yang menyerang kelenjar ludah dalam mulut yang terletak diantara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atau pipi bagian bawah / samping.

Jika dibantingkan campak atau cacar air, gondongan tidak terlalu menular. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun, jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 12 tahun. Jika seseorang pernah menderita gondongan, maka dia akan memlikiki kekebalan seumur hidupnya

Gejala Gondongan:

Gejala timbul dalam waktu 12-24 hari setelah terinfeksi yaitu berupa:

  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Nafsu makan berkurang
  • Merasa tidak enak badan
  • Demam ringan sampai sedang tetapi 25-30% penderita tidak menunjukkan gejala tersebut.
gejala pertama dari infeksi kelenjar ludah adalah nyeri ketika mengunyak atau menelan tertama jika menelan cairan asam. Jika kelejar liur disentuh, akan timbul nyeri. Pada saat ini suhu biasanya naik sampai 38,9-40 derajat celcius.

Pembengkakan terjadi pada hari kedua:

  • Nyeri testis
  • Benjolan ditestis
  • Pembengkakan skrotum (kantung zakar)
Penularan Penyakit Gondongan:

Penularan dari penyakit gondongan ini mudah sekali, yakni melalui:

  • Kontak langsung
  • Percikan ludah (droplet)
  • Muntahan
  • Dapat pula melalui air kemih, meski jarang sekali terjadi.
Penyakit gondongan dapat dengan mudah diketahui dokter, terlebih apabila terjadi kontak dengan penderita 2-3 minggu sebelumnya. Jika penderita tidak menampakkan pembengkakan kelenjar dibawah telinga, namun tanda dan gejala lainnya mengarah ke penyakit gondongan sehingga meragukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu Complement fixation antiboides (CF), Hemagglutinatiion inhibitor antibodies (HI), Virus neutralizing antibodies NT) dan kadar amilase.

Pencegahan Gondongan:

Pencegahan yang dilakukan dari penyakit gondongan adalah dengan pemberian imunisasi atau caksinasi MMR. Pemberian vaksinasi atau imunisasi ini diberikan pada usia 12 bulan dan yang kedua diberikan pada usia 4 tahun. Vaksinasi dari gondongan sendiri juga bisa diberikan untuk pria yang belum pernah sakit gondongan dimasa kanak-kanak. Namun, ada baiknya jika si penderita gondongan sebaiknya diisolasi 9 hari sejak munculnya pembengkakan yang terjadi unutk membantu menurunkan resiko dari terjadi penularan ke orang lain.

Untuk penderita penyakit gondongan, maka sebaiknya mamperbanyak asupan makanan yang mengandung yodium yang tinggi yang bisa membantu mencegah dan mengurangi resiko dari terjadinya penyakit gondongan tersebut.

Untuk Pengobatan Bisa kunjungi Web site ini KLIK

1 comment:

benk84 said...

Ini dia solusi terbaik pengobatan gondongan pada anak Anda, klik disini cara menyembuhkan gondongan pada anak dengan aman & cepat