Thursday, May 14, 2015

Hati-Hati Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan kuman Mycrobacterium tuberkulosis ini, menyebabkan kerusakan tertama pada paru, menimbulkan gangguan berupa batuk, sesak napas,  bahakn dapat menyebar ker tulang, otak dan organ lainnya. Bila dibiarkan, kuman ini dapat menggerogoti tubuh dan menyebabkan kematian. Saat ini tuberkulosis merupakan penyakit menular penyebab kematian utama di indonesia.

Penyakit Tuberkulosis:

Tuberkulosis atau Tb merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium, tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatik dan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal.

Penyakit tuberkulosis adalah salah satu jenis penyakit infeksi menular yang umumnya lebih sering menyerang paru-paru. Jika seseorang sudah mengalami infeksi dari serangan bakteri penyebab tb maka akan mengalami suatu hal yang buruk seperti daya kerja dan produktivitas kerja yang mengalami penurunan, selain itu juga akan menularkannya kepada orang lain dan paling besar resikonya adalah keluarga yang tinggal serumah dan pada akhirnya akan menyebabkan komplikasi fatal seperti kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Penyebab Tuberkulosis:

Penyebab penyakit tuberkulosis yaitu diakibatkan karena adanya infeksi dari kuman atau bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis dan umumnya menyerang paru-paru, selain menyebabkan tb, penyebab tersebut akan menyerang organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang atau bahkan dapat menyerang otak. Penyakit tb ini adalah salah satu penyakit yang mudah menular, media penularannya seperti atau bersin kemudian akan terhirup oleh orang lain yang kebetulan ada disekitar penderita tb tersebut.

Namum ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu anda untuk mencegah, sebagai berikut:

  • Mengurangi Kontak langsung dengan penderita penyakit TBC aktif.
  • Menjaga pola hidup yang baik, dengan mengkonsumsi makanan bergiizi, lingkungan yang sehat serta rutin berolahraga.
  • Pembersihan Vaksin BCG, yang merupakan vaksin ini diberikan secara rutin pada semua balita.
  • Perlu anda ingat bahwa penderita yang sudah terkena TBC dan diobati, akan kembali mengalami penyakit yang sama apabila tidak melakukan pencegahannya dan menjaga kesehatan tubuh.
Gejala Penyakit Tuberkulosis:

Gejala penyakit tuberkulosis tb adalah:

  • Kelelahan
  • Kehilangan berat badan
  • Berkeringat pada malam hari
  • Batuk berdahak lebih dari 2 minggu
  • Batuk berdahak atau juga mengeluarkan bercak darah.
  • Nyari di sekitar dada.
  • Sesak nafas disaat sedang bernapas.
Penderita TBC dapat diobati dengan pemberian antibiotik oleh dokter. Pengobatan secara teratur selama 6-12 bulan dapat mencegah TBC kambuh lagi. Penyakit TBC merupakan penyakit menular. Oleh karena itu, pencegahan gejala tuberkulosis dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan penderita TBC. TBC dapat menular misalnya melalui dahak penderita TBC yang secara tidak langsung terhirup manusia yang sehat.

Cara mencegah penyakit TBC adalah dengan melakukan beberapa Hal berikut ini

  • Memelihara kesehatan tubuh
  • Perlunya saran keseharan, pemeriksaan pada penderita, kontak atau juga suatu suspect gambas, dan sering dilaporkan, pemeriksaan serta pengobatan dini pada penderita, melakukan perawatan.
  • Pengobatan yang peventif biasanya hal ini diartikan sebagai salah satu tindakan keperawatan pada penderita dengan cara memberikan obat INH sebagai bentuk pencegahan.
  • Pemberian BCG, atau vaksinasi, dan hal ini diberikan pada bayi dengan cara perlindungan untuk ibu dan keluarganya. Kemudian pemberian ini dilakukan 5 tahun kemudian dan pada waktu 12 tahun di tingkat tersebut dalam bentuk suatu pencegahan.
  • Memberantas penyakit TBC dalam hal memerah susu.
Penaggulangan dari TB tingkat keberhasilannya diukur dengan cara kesembuhan penderta. Kesembuhan ini juga selain mampu mengurangi jumlah dari penderita penyakit tuberkulosis, juga mampu mencegah terjadinya penularan yang terjadi. Oleh sebab itulah untuk menjamin suatu kesembuhan pada penderita penyakit tuberkulosis. Oleh sebab itulah, untuk menjamin suatu kesembuhan, maka obat harus diminum dan juga penderita harus diawasi dengan lebih ketat dari keluarga atau teman-teman disekitarnya.

1 comment:

Obat TBC said...

mantap dah artikelnya kawan
Acemaxs31.com/obat-tbc